Customer Translate

Selasa, 28 Januari 2014

Cara Setting Blueprint untuk Modelling Mobil 3ds Max


Banyaknya request kepada aga untuk dibuatkan tutorial modelling mobil (Car Modelling Tutorial), maka aga akan menunjukkan langkah pertama yang harus dilalui dalam proses modelling. Langkah pertamanya adalah mempunyai blueprint atau mudahnya disebut sketsa model mobil yang akan digambar.
Anda bisa mendapatkan blueprint dari situs www.the-blueprint.com, atau jika kalian punya sketsa di kertas juga bisa digunakan, tetapi ubah dulu menjadi format jpeg, caranya bisa menggunakan scanner, kalo gak punya yaa pakai kamera handphone juga boleh.. hehe..
Biasanya file jpeg yang didapat dari hasil browsing, dalam 1 gambar ada 4 sisi yang ditampilkan (samping, atas, depan, belakang).  Yang harus dilakukan adalah memisahkan 4 sisi tersebut menjadi file jpeg sendiri-sendiri. Untuk referensi anda bisa mencari foto-foto mobil yang asli.

Oke... langsung aja mulai... pertama-tama buka Photoshop.
1. Buka file blueprint yang anda punya.
2. Crop masing-masing bagian view.
3. Save as menjadi file jpeg.
Naahh.. sekarang anda punya 4 file jpeg. Masing-masing view memiliki resolusi yang berbeda, catatlah pada kertas. ukuran resolusi tersebut digunakan untuk menentukan besarnya plane yang akan dibuat menggunakan 3ds Max.
Langkah selanjutnya buka program 3ds Max.
1. Aktifkan view front, buatlah sebuah plane dengan ukuran sesuai dengan resolusi file jpeg tampak depan.
2. Buka modify, kemudian tambahkan modifier material, beri ID 1.

3. Lakukan langkah di atas untuk semua view, tetapi masing-masing plane diberi ID yang berbeda, supaya seragam aga tentukan saja.  ID1=Tampak Depan, ID2=Tampak Samping, ID3=Tampak Atas, ID4=Tampak Belakang.
4. Buka Material Editor.
5. Pilih salah satu slot, kemudian ganti standard menjadi multi sub object. (mengapa menggunakan multi/sub object? supaya menghemat slot material). Untuk penjelasan tentang Multi/Sub Object klik disini.

6. Pastikan ID material sama dengan yang aga berikan di atas.

7. Untuk Diffuse color gunakan file jpeg dari masing-masing view. aga tidak menjelaskan secara detail, karena aga anggap anda sudah mahir dalam menggunakan material. hehe...
8. Supaya garis-garisnya terlihat kontras, ubah self illumination menjadi 50.

9. Apply-kan material yang sudah dibuat ke 4 objek plane yang dibuat tadi.

10. Atur keempat plane menjadi seperti gambar dibawah ini. Pastikan roda pada posisi yang sejajar, bodi samping dan atas juga posisi sejajar. (perhatikan garis warna merah pada gambar di bawah ini)

11. Blueprint anda sudah jadi, saatnya menuju ke proses modelling.
Demikian Tutorial Setting Blueprint untuk keperluan Modelling Mobil (Car Modelling). Silahkan buka Tutorial Car Modelling menggunakan 3ds Max untuk langkah-langkah  membuat mobil 3D. (Artikel sedang proses penulisan)
Chrome Pointer