Customer Translate

Selasa, 28 Januari 2014

Setting Realistic Render Menggunakan Vray 3ds Max

Banyak pemula yang bertanya "Bagaimana sih cara seting VRAY 3DS MAX supaya hasil render lebih realistis?" pertanyaan tersebut juga pernah ada di dalam pikiran aga, yaa namanya juga pemula, pasti banyak yang ingin di ketahui, termasuk cara membuat hasil render se-realistis mungkin atau menyerupai foto.

Cara render menggunakan Vray ridaklah sulit, hanya sedikit setingan, akan menghasilkan hasil render yang bagus. Tapi ingat yaa, hasil render 3D yang anda lihat kebanyakan tidak murni hasil render menggunakan Vray, tetapi dibantu dengan software photo editor / photoshop. Namun ada juga para master 3D yang bisa membuat hasil render menggunakan Vray secara maksimal.

Perlu diingat, tujuan kita merender sebuah gambar adalah mempresentasikan apa yang kita desain kepada orang lain / klien. Yang dibutuhkan kebanyakan klien adalah tapilan akhir, bukan proses pembuatannya, "mau pake vray, mentalray, podium, photoshop, sak karepmu (terserah) yang penting gambarmu selesai tepat waktu dan sesuai dengan yang diinginkan", setuju gak? hehe
oh iya... tutorial ini sekaligus memenuhi permintaan mas Alan via facebook yang minta dibikinkan tutorial tentang Vray. Maaf yaa mas, baru dibikinkan sekarang, soalnya kemaren-kemaren sibuk kerjaan. hehe


Oke deh... Langsung aja dimulai Tutorial Seting Render Vray 3ds Max ini. Pahami dan praktekkan langkah dami langkah.

1. Ubah setingan render menggunakan Vray. Caranya buka render setup (F10), kemudian carilah Assign Renderer, ubah menjadi VRay.  Dalam tutorial ini aga menggunakan vray demo 1.5 SP2, untuk versi Vray 2.0 caranya masih sama.



2. Pastikan objek-objek yang akan dirender menggunakan Vray Material.
*Tutorial Vray Material menyusul jadi silahkan googling dulu, hehe.

3. Buatlah sebuah Vray Sun, posisikan sesuai dengan arah sinar matahari yang di inginkan. Caranya Create - Light - VRay - VRaySun. Agar lebih mudah lihat gambar dibawah ini.


Jika muncul pertanyaan "Would you like to automatically add a VraySky environment map?" pilih aja "Yes".

4. Buatlah Vray Phisycal Camera, karena jika tidak menggunakan Vray Physical Camera hasil rendernya tidak bisa maksimal. Cara membuatnya Create - Camera - Vray - VrayPhysicalCamera kemudian posisikan sesuai dengan sudut yang di inginkan.


Lakukan sedikit setingan pada Vray Physical Camera, caranya pilih camera yang sudah dibuat tadi, masuk ke modify, Untuk belajar biarkan setingan default, cukup mengubah white balance menjadi neutral. Untuk setingan f-number, shutter speed, film speed (ISO) silahkan lihat ilustrasi dibawah ini.


5. Saatnya untuk setting render Vray, caranya buka Render Setup (F10) buka tab V-Ray.
  1. Buka Image sampler, ubah Type : Adaptive DMC , Antialiasing filter : Catmull-Rom
  2. Buka Color Mapping, ubah Type : HSV exponential , Gamma : 1.5


6. Masih di dalam Render Setup, buka tab Indirect Illumination.
  1. Buka Indirect Illumination (GI), aktifkan GI (on), Primary GI engine : Irradiance map, Secondary GI engine : Light cache
  2. Buka Irradiance map, pilih sesuai kebutuhan, jika hanya draft cukup pilih low, jika sudah fix setingannya silahkan pilih High atau yang diatasnya. Jangan lupa aktifkan Show calc. phase.
  3. Buka Light cache, pada Subdivs isikan 1000 jika final render, tapi jika masih draft bisa isikan 400 atau 500 sesuai kebutuhan.


7. Sekarang pindah ke tab Setting.
Ubahlah Noise threshold menjadi 0.002 (jika sudah final render), tapi jika masih draft bisa gunakan angka 0.01 atau 0.005.


8. Jika semua setingan dirasa sudah cukup, saatnya tekan tombol Render (F9). Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan seperti ini.


Karena sampel gambarnya hanya teapot dan gambar di atas tanpa sentuhan photoshop, maka hasilnya kurang maksimal, Setingan di atas biasa aga gunakan untuk render hasil modelling aga. Di bawah ini aga berikan beberapa contoh hasil karya aga yang menggunakan Setingan Render Vray di atas.



Demikian tutorial tentang Setingan Render Menggunakan Vray 3ds Max. Semoga bermanfaat. :)
Chrome Pointer